Pembentukan Karang Taruna Unit RW. 08 Rawa Bunga

Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan memiliki peran sebagai wadah dan sarana pengembangan anggota masyarakat yang tumbun dan berkembang atas kesadaran dan tangungjawab sosial terutama di pelopori oleh Pemuda dan Pemudi di suatu wilayah untuk kesejahteraan sosial.

Organisasi Karang Taruna memiliki urgensi yang penting dalam mewadahi, memperdayakan, dan mengatasi berbagai isu sosial yang ada di wilayah unit sendiri,  Oleh karenya, pada hari Minggu, tanggal 02 Desember 2018 diselengarkan rapat pembentukan karang taruna tingkat RW. 08 di Kantor Pengurus RW. 08 Rawa Bunga yang dihadiri oleh Ketua RW,LMK, Humas, Kesra dan Seksi Kepemudaan serta para Remaja.

Acara dimulai dengan menyakikan lagu Indonesia raya, dan Mars Karang Taruna, setelah beberapa sambutan dari pengurus RW dan LMK RW.08 Bang Dewa. selanjutnya rapat pemilihan ketua Karang Taruna di pimpin oleh moderator dalam hal ini yang punya wilayah Bapak Khoilid sebagai sebagai keputusan tertinggi. Selanjutya pemilihan dilakukan berdasarkan musyawarah untuk mufakat yang merupakan asas pemilihan di Indonesia dan kearifan lokal.

Pada pemilihan ini berlangsung sangat tertib dan kondisfi sehingga terlipilihlah sdr. Regha (Ambon) sebagai Ketua, Selanjutnya dilakukan pemilihan pengurus yang lain yakni wakil ketua dan sekertaris dan bendahara yang di pimpin oleh ketua terpilih dan disetujui bedasarkan musyawarah seluruh peserta.

Dengan struktur organisasi sebagai berikut:

Ketua : Regha P
Wakil : -
Sekertaris1: Shasa
Bendahara 1: Echa
Humas: Catur, Fahrizal S.
Seksi Olahraga : Razaf Zulfikar
Seksi Kerohanian : Adi
Seksi Seni dan Budaya : Rara
Anggota : Kadi, Whayu, Afrizal, Adi P, Obi, Reza, Akmalia (Amel), Farhan, Adan, Hilman, Yusril, dan masih dalam progress pencarian

Prok Prok Prok.. Selamat Ya ...

Setelah terbentuk susunan kepengurusan Karang Taruna Unit RW. 08 Para Pengurus RW. 08 dan LMK memberikan Cenderamata kepada Ketua Terpilih dan sedikit wejangan agar berjalan dengan dan berkesinambungan .


Menurut Ketua RW. 08 Bapak Khoilid Untuk kegiatan pemuda masih belum terorganisir dengan baik. Karang Taruna belum bisa berjalan sesuai harapan. Tetapi tidak berarti tidak ada aktivitas kepemudaan. Remaja dan Pemuda di RW 08 memiliki kegiatan dalam kelompok-kelompok kecil seperti Futsal, Grup Band, Pengajian Remaja.  nah dengan adanya wadah inilah kita kumpulin remaja-remaja dari RT. 01 s/d 08. Diharapkan dengan terbentuknya Karang Taruna wilayah Unit RW. 08  ini, warga setempat terutama yang berusia muda dapat lebih produktif dalam berbagai bidang. buat lingkungan, bersilaturahmi, bekerjasama, menuangkan ide-ide dan gagasan, belajar bersama dan lain lain sedikit membahas tentang karang taruna

Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannya berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta rasa karsa dan karya dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Karang taruna tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran terhadap keadaan dan permasalahan di lingkungannya serta adanya tanggung jawab sosial untuk turut berusaha menanganinya. Kesadaran dan tanggung jawab sosial tersebut merupakan modal dasar tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna. Karang Taruna tumbuh dan berkembang dari generasi muda, diurus untuk atau dikelola oleh generasi muda dan untuk kepentingan generasi muda dan masyarakat di suatu wilayah.

Gerakannya di bidang penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial memberi arti bahwa semua upaya dan program kegiatan yang diselenggarakan Karang Taruna ditujukan guna mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat terutama generasi mudanya.


Kalau kata Bang DEWA selaku LMK RW. 08 :  ada 3 jalan untuk membuka pintu bagi katar di RW. 08. Rawa Bunga ini

Aktif dalam bersosial dan Peduli akan Lingkungan, kegiatan untuk membuka jalan contohnya: Kalau ada yang meninggal diwilayah kita sendiri, Katar Ini hadir dan membantu / menyelawat, contoh lagi, ada orang yang  punya hajat nikahan, katar ini hadir juga membantu, dengan cara mendistribusikan undangan-di setiap RT dan yang terakhir , Katar Ikut membantu dalam acara kerja bakti.

dengan menjalankan 3 contoh seperti di atas itu, Warga tidak akan segan2an untuk membantu, peduli sama Katar. lain halnya yang disampaikan oleh Seksi Kepemudaan Bpk. Iqmal. Gw iri sebenarnya ama wilayah RW. Lain, contoh gw main ke wilayah RW. lain, jujur  penduduknya padet banget, motor lewat aja udeh kagak bisa, tapi pas ada orang meninggal...Remaja/remajanya, mau badannye tatoan, rambut gondrong pada turun membantu, disitu gw salut dan iri ama wilayah itu sendiri.

Sekarang GW bandingin di RW. 08 kenapa Remaja kagak ada kegiatan? Kenapa orangtua yang pada turun?Kenapa dan kenapa ..?? Ayo  Bangkit dan Bangun, ayao jadiin Katar ini sebagai tempat lo  buat benahin lingkungan Lo, jangan takut lo punya Ide dan Inspirasi, jangan takut lo ga ada yang bantu ... nie GW dan Abang-abangan GW, Siap membantu kalian dalam hal Positif. ayo aktifin Katar ini,jangan hari ini kita ketemuan selang waktu 6 bulan baru ketemuan lagi, ayo lebih inten lagi, ayo bergerak, ayo bagusin lingkungan, ayo kembalikan lagi tradisi lenong di wilayah RW. 08, ayo ayo dan ayo memberikat semangat dan spirit baru buat Pengurusan Katar Unit RW. 08...dan akhir kata Seksi Kepemudaan memberikan semangat buat katar Unit RW. 08 Hidup PERSIJA ... eh salah.. Hidup Katar Unit RW. 08 Hidup PERSIJA.

Setelah semua kegiatan dalam rapat pembentukan Katar Unit RW. 08 ini selesai, Kesra sedikit menambahkanq. Kalian melakukan Kegiatan Positif diwilayah, maka kalian akan merasakan Energi Positif yang akan mengalir diwilayah. Ayo belajar berorganisasi.

Demikian rangkuman dalam rapat pembentukan Kepengurusan Katar Unit RW. 08

Foto-fotonya













Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2018. Seputar RW 08 Kelurahan Rawa Bunga Kecamatan Jatinegara Kota Administrasi Jakarta Timur - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger